RUMAH SINGGAH JENDERAL SUDIRMAN

Tim SID Desa Bodag 14 Februari 2018 17:49:44 WIB

Perlu diketahui generasi saat ini sebagai sebuah pelajaran berharga sosok pahlawan kemerdekaan RI ini, Jenderal Sudirman sangat rajin melaksanakan salat malam. Setidaknya hal tersebut yang sampai saat ini masih sangat dikenang masyarakat Krajan RT.03/RW.01 Bodag Panggul Trenggalek karena panglima besar TNI tersebut pernah singgah untuk waktu tiga hari di dusun tersebut saat berlangsung perang gerilya.

"Menurut cerita dari pinisepuh, saat berada di rumah Keluarga Bapak Moch Ngabdi, Pak Dirman rajin salat. Bahkan selalu melaksanakan salat malam. Padahal cuma tiga hari, tapi benar-benar berkesan bagi warga sini," tutur Kepala Desa Bodag Panggul Trenggalek Purwito saat menerima Tim Travel Heritage Dinas Kebudayaan DIY belum lama ini.

Saat ini, rumah Moch Ngabdi yang dulunya merupakan guru ngaji dan pemuka masyarakat setempat tersebut dijadikan monumen tempat peristirahatan Panglima Besar Jenderal Sudirman dan sudah direnovasi pada 5 November 2003 oleh Letkol R Srenggoro Putro. Secara umum, rumah tersebut bentuknya masih seperti aslinya.

Sejumlah benda yang pernah digunakan Jenderal Sudirman selama beristirahat di rumah tersebut juga masih terawat dengan baik, seperti sajadah, sorban, bokor, Al Quran hingga tempat tidur yang dipakai Pak Dirman.

Di rumah tersebut juga terpasang banyak foto Pak Dirman dalam berbagai kegiatan hingga massa pelayat yang memenuhi kompleks Masjid Gedhe Kauman saat Pak Dirman selesai disalatkan dan hendak dimakamkan di TMP Kusumanegara. "Keluarga sengaja merawat tempat ini dan menjaga keasliannya. Tiap tahun anak cucu Moch Ngabdi juga memakai rumah ini sebagai tempat berkumpul sekaligus mengenang Pak Dirman," ucap Purwito.

Menurut Purwito berdasar cerita turun-temurun, dulu banyak warga yang berebut ikut mengangkat tandu Pak Dirman. Beberapa saksi sejarah masih bisa dijumpai meski tidak bisa lagi menceritakan secara detil karena faktor usia dan penurunan daya ingat.

Wilayah peristirahatan ini menurut Purwito ( Kades Bodag ) memang cocok dijadikan tempat persembunyian. Letaknya dikelilingi pegunungan dengan keberadaan hutan yang cukup lebat ketika itu. Selain itu, posisinya merupakan perbatasan antara Trenggalek dan Pacitan sehingga mempermudah akses komunikasi. Namun begitu, ada sumber air yang dekat dengan lokasi sehingga memudahkan pejuang untuk mempertahankan diri di tengah kekurangan bahan makanan

Komentar atas RUMAH SINGGAH JENDERAL SUDIRMAN

Djoko Riyono 04 Maret 2022 02:49:45 WIB
Patut disyukuri dan Sungguh merupakan anugerah yg luar biasa dari Allah SWT,untuk desa Bodag Panggul Trenggalek. Dalam kontek sejarah perjuangan bangsa mempertahankan kemerdekaan khususnya,Desa Bodag terukir dalam sejarah sebagai tempat persinggahan Jendral Soedirman saat memimpin perang gerilya tahun 1949.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bodag

tampilkan dalam peta lebih besar