Sambutan Meriah dalam Kegiatan Napak Tilas Jendral Sudirman

30 Juli 2018 22:24:26 WIB

 

Hari Sabtu, 28 Juli 2018 telah dilaksanakan kegiatan napak tilas Jendral Sudirman. Napak Tilas Jendral Sudirman merupakan kegiatan bagi pramuka penegak Trenggalek yang bertujuan untuk mengenang perjalanan perang gerilya oleh Jendral Sudirman. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang Pramuka Trenggalek dan dikemas dengan sistem perlombaan, gabungan dari kegiatan Napak Tilas dan Giat Prestasi Pramuka Penegak.

 

Kegiatan napak tilas  dimulai pukul 10.00 WIB di lapangan Blimbing, Dongko dan finish di kecamatan Panggul. Napak Tilas ini diikuti oleh 400 peserta yang terdiri 20 sangga putra dan 20 sangga putri pramuka penegak Trenggalek.

 

Pemberangkatan ditandai dengan serah terima tandu Jendral Sudirman secara simbolik. Start diawali dari peserta pramuka kemudian dilanjutkan dengan peserta dari perwakilan organisasi atau komunitas.

 

Rombongan peserta napak tilas ini sampai di rumah singgah Jendral Sudirman pukul 13.34 sampai dengan pukul 17.00.  Setibanya di rumah singgah Jendral Sudirman, rombongan disambut dengan meriah oleh siswa-siswi SD 1 dan 2 Bodag dan juga oleh mahasiswa KKN IAIN Tulungagung desa Bodag. Lagu ucapan selamat datang dinyanyikan dengan antusiasme yang tinggi untuk menyambut para peserta napak tilas. Kegiatan napak tilas ini dihadiri oleh Bapak Darso (penggagas kegiatan napak tilas), bapak Mahsun (ketua Baznas dan aktivis kwarcab Trenggalek), Bapak Kapolsek, Bapak Kepala Desa Bodag, perwakilan keluarga Mbah Ngabdi, dan pengurus BPK kabupaten Trenggalek. 

 

Dalam kegiatan napak tilas ini diambil beberapa kategori peserta untuk diberikan penghargaan. Di antaranya yakni, penghargaan peserta tertua (putra dan putri), peserta termuda (putra dan putri), dan peserta tercepat (putra, putri dan grup). Penghargaan peserta tertua putra diraih oleh Sanijo, sedangkan tertua putri diraih oleh Endah Trisnanda. Penghargaan peserta termuda putra diraih oleh Lorenzo Morzena, sedangkan termuda putri diraih oleh Winarti. Penghargaan peserta tercepat putra diraih oleh Solekan (pukul 13.34), tercepat putri diraih oleh Regyta Yustiani (pukul 14.32), dan grup tercepat diraih oleh Saka Taruna Bumi.

 

Selanjutnya, setelah rombongan pembawa tandu sampai di persinggahan Jendral Sudirman, maka dilakukan serah terima tandu secara simbolik. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada peserta yang masuk dalam kategori tersebut.

 

Bodag, 30 Juli 2018

pukul 22.23

Ditulis oleh Inari

Komentar atas Sambutan Meriah dalam Kegiatan Napak Tilas Jendral Sudirman

a.w 05 September 2018 09:18:18 WIB
Wa'alaikum Salam Wr.Wb amiin.. terimakasih masukannya.
Djoko Riyono 04 September 2018 21:29:54 WIB
Assalamu'alaikum Terlebih dahulu saya ucapkan selamat kepada Desa Bodag,Panggul,Trenggalek,yang mempunyai salah satu situs sejarah Nasional yaitu tempat persinggahan Panglima besar Jendral Soedirman saat memimpin Perang Gerilya tahun 1947.Selanjutnya kegiatan napak tilas Route Gerilya Panglima besar Jendral Soedirman sebaiknya di agendakan routine setiap tahun untuk mengenang Jasa para Pahlawan Bangsa demi mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tercinta sebagaimana tercantum preambule UUD 1945 alinea pertama.Yang terpenting lagi adalah pembelajaran sejarah bagi generasi penerus bangsa untuk senantiasa mengingat dan mengenang perjuangan Panglima besar Jendral Soedirman dan pasukannya saat perang gerilya.Dengan mengikuti kegiatan napak tilas setidaknya peserta turut merasakan betapa berat medan tempur yang harus dilaluinya,apalagi ketika itu pasukannya harus menandu Jendral Soedirman yang sedang sakit dengan naik turun gunung.Semangat pantang menyerah Jendral Besar Soedirman sungguh merupakan pembelajaran yang luar biasa bagi generasi penerus bangsa oleh karena itu sangat relevan kalau kegiatan itu di agendakan routine.Seyogyanya penyelenggaranya dari Pemda tingkatII Trenggalek dan di publikasan secara umum agar dapat di ikuti perserta dari seluruh Nusantara. Kepada Desa dan masyarakat Bodag banggalah,sejarah mencatat bahwa Desa Bodag di takdirkan Allah SWT.mempunyai andil dalam mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia sebagai tempat persinggahan Jendral besar Soedirman dalam memimnpin perang gerilya.Siapa tahu suatu saat situs tersebut di tetapkan sebagai tempat wisata heritage di Kabupaten Trenggalek Wassalamu'alaikum

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bodag

tampilkan dalam peta lebih besar